Senin, 04 Juli 2016

DURIAN OH DURIAN (BAB2)

Masih melanjutkan blog saya yang sebelumnya mengenai durian.
Memang di kawasan tropis terutama daerah Asia Tengara, Durian sudah di nobatkan menjadi King Fruit. Raja dari segala buah.
Merupakan suatu kebangaan kan bagi Indonesia yang memiliki banyak sekali jenis buah ini karna berada di kawasan tropis.

Ada salah satu durian yang isi buahnya berwarna merah lho... apa pernah tau sebelumnya ya para pembaca? Mungkin bagi kamu yang di Kalimantannya sendiri pun akan jarang bisa menemukan durian ini lagi yah, namanya adalah durian sungkang, dengan daging berwarna merah dan seperti pepaken maupun durian pekawai, durian ini tidak memiliki bau yang menyengat. Dengan banyaknya lahan hutan yang sudah rusak oleh ulah manusia.

Durian Pekawai atau kadang di sebut lai yang memang juga masa panennya sama dengan durian pada umumnya, dengan aroma yang paling sedikit di temui diantara sekian banyak durian yang ada di dunia, jadi bagi orang yang mungkin baru ingin mencoba makan durian tetapi biasanya tidak tahan mencium baunya maka tidak ada salahnya mencoba durian jenis ini. Biji buah pekawai ini cukup besar, tidak seperti monthong dan beberapa kawannya yang justru tebal di bagian dagingnya. Pekawai memiliki biji yang amat besar. Warna daging buahnya pun hampir mirip dengan pepaken, dimana biasanya berwarna orange ataupun kuning tua. Secara keseluruhan memang buah ini mirip dengan buah pepaken hanya saja tekstur daging buah pepaken akan lebih keras, berbeda dengan si pekawai yang memiliki daging buah yang kenyal dan berserat.

Selanjutnya ada teretung atau kadang ada juga yang menyebutnya kerantongan, merupakan durian hutan yang kalau kita lihat dari tekstur kulit dan durinya durian jenis ini memiliki duri yang lebih panjang dari pada durian yang pada umumnya kita konsumsi. Kulitnya pun tidak memiliki garis dimana biasanya kalau kita congkel ujungnya sesuai dengan arah garis buahnya maka akan langsung dapat dibuka untuk mengambil daging di dalamnya, tetapi buah yang satu ini malah harus benar-benar di belah melintang agar kita dapat mengambil daging buah yang ada di dalamnya. Warna kulitnya sendiri biasanya akan selalu berwarna hijau cerah, mau buah ini sudah matang ataupun belum. Untuk rasa durian ini sendiri tidak kalah dari durian biasa, dengan aromanya pun yang lebih wangi.

Sekian untuk beberapa jenis durian yang dapat saya ulas di sini, semoga cukup bermanfaat yah.
Dan bagi kamu yang mau tahu tiga durian lainnya coba buka saja di blog sebelum ini yah, atau klik disini : Durian oh durian (bab 1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar