Senin, 04 Juli 2016

DURIAN OH DURIAN (BAB 1)

Kalian tau yang di sebut duren? Atau mungkin orang biasa juga menyebutnya durian yah.
Ya, durian merupakan salah satu dari sekian banyak buah-buahan yang mengandung alkohol di dalamnya, itulah sebabnya kata orang kalau lagi pada minum obat jangan kamu berani-beraninya makan durian.

Memang buah yang satu ini tidak selalu menjadi buah unggulan yang di sukai oleh semua kalangan. Misalnya saja di daerah yang dingin seperti kawasan Jepang, pernah satu-dua kali tim pencari berita meliput disana tentang warganya, dan mereka mempercobakan beberapa buah durian kepada warga di sana. Walau tergolong lokasi yang bebas untuk minuman alkohol ternyata saat beberapa orang terutama para muda mudi untuk di suruh mencoba mencicipi sepotong durian montong ada sebagian dari mereka yang memuntahkannya kembali, entah kenapa. Mungkin alasan bau yang menyengat yang di keluarkan durian yah.

Selain bau yang ditimbulkan oleh si durian ini bisa jadi juga karena bentuk dan tekstur dari durian itu sendiri yang menyebabkan dia tidak di gemari beberapa kalangan. Padahal, mengingat harga satu buah durian utuh yang asli Monthong Thailand saja bisa membuat kepala cukup pusing yah. Memang dari segi rasa dan kelembutan buahnya perbedaan yang cukup besar kita rasakan antara durian monthong dan durian lokal Indonesia. Seperti yang ada di tayangkan di salah satu film yang di mainkan para artis Warkop DKI yang pada masanya booming sekali itu lho. Pasti kalian yang hidup di masanya tau deh,
dimana si Dono bawa naik durian ke atas kapal dan kena semprot si pramugari dan pilot langsung.

Ada beberapa jenis durian yang ada di kawasan Indonesia ini, misal saja durian yang akan banyak kita temui di daerah kalimantan, mungkin sebagian dari pembaca malah akan balik bertanya tentang durian kalimantan yang saya sebutkan barusan, "memangnya kalimantan ada durian khas?" itu yah mungkin isi kepala para pembaca saat ini. Memang, kalimantan yang terkenal dengan hutannya ini memiliki panganan buah yang khas, yah, memang sama sama bentuk buahnya berduri seperti durian, bedanya adalah isi buahnya yang berwarna orange menyala, nama duren ini di kalimantan sendiri adalah Pepaken. Kekhasannya ada pada baunya yang tidak terlalu menyengat, ditambah dengan teksturnya yang berbeda dengan kebanyakan durian yang kita jumpai.

Ada pula durian kura kura, kenapa bisa jadi kura-kura? yaa sebagian orang di kalimantan, khususnya Kalimantan Barat yang memang menjadi salah satu lokasi yang banyak di tumbuhi pohon durian ini.
Masyarakat Kalimantan ini sepertinya percaya bahwa buah durian yang satu ini tumbuh rendah di atas tanah agar para kura-kura di daerah itu pun dapat makan durian ini.
Rasa durian yang terasa manis walaupun buahnya belum matang benar ini mempunyai warna buah yang kekuningan atau kadang juga pucat putih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar